no fucking license
Bookmark

[ Pengalaman ] Site Review Blog yang dipasang Iklan Adsense

Review Site di laptop

Pada awal Maret kemarin ketika saya mau pasang adsense di blog baru, tiba-tiba saja Iklan Adsense tidak muncul di halaman blog, pun demikian di beranda utama. Saya pikir saya ada masalah pada account iklan. Setelah saya pelajari, ternyata info terbaru adsense adalah program site review.

Jadi begini. Site review adalah langkah google memverifikasi blog yang akan ditayangkan iklan. Karena belakangan ini pihak gugel lagi jengkel barangkali, atau lagi membasmi blog abal-abal yang merusak alogarima mesin pencarian. Karena banyak ditemukan blog yang hanya berisi artikel kopi paste tapi terlihat memasang adsense.


Sehingganya pada 2019 ini, program site review dikeluarkan. Dengan begitu gugel sendiri bisa mengetahui mana blog yang hanya sekedar asal jadi, atau memang blogger profesional.

Saat memasang blog baru dengan iklan. Paling tidak akan mendapatkan beberapa pemberitahuan di sebelah kanan setelah kita menambahkan situs atau domain blog kita.

1. Pemberitahuan sedang menyiapkan
Pemberitahuan ini petanda bahwa situs kita akan segera direview. Lama reviewnya berdasarkan keterangan gugel sendiri memakan waktu 24 jam atau lebih. Hanya saja, status sedang bersiap ini menurut pengalaman saya kemarin sampai tiga hari barulah berubah status menjadi sedang ditinjau. 

2. Pemberitahuan Sedang Ditinjau

Pada tahap ini, situs kita sedang direview segala aturan yang dipersyaratkan oleh google Adsense. Semisal Sitemap, Contact, Disclaimer, about, TOS atau perangkat hak cipta lainnya yang bisa mempertanggungjawabkan konten blog yang kita kelola.

Memang awal-awal saya ditolak saat site review. Karena memang belum tahu aturan terbarunya. Setelah saya tahu, semua saya perbaiki satu per satu persyaratannya.

3. Pemberitahuan Siap
 Tahapan ini adalah yang paling membahagiakan para blogger. Artinya blognya sudah diterima sebagai pathner iklan. Tinggal menunggu beberapa saat iklan akan segera muncul di blog.

4. Perlu Perhatian 
 
Nanti kalau ada masalah, kita bakal diberi tahu apakah blog kita ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Biasanya saran yang diberikan gugel adalah mendaftarkan blog kita di google console. Fitur ini memudahkan gugel dalam melacak url yang diakses dari mesin pencari. Sehingga mempercepat site review blog kita.

5. Pemberitahuan Siap
Pemberitahun terakhir adalah siap menayangkan iklan. Pemberitahuan ini dikirim di email oleh gugel dengan ucapan selamat. Dengan begitu kita bisa bernafas legah karena sudah bisa nambah iklan di posisi yang kita sukai.


Berikut ini contoh site review yang saya lakukan kemarin. Ada yang sedang ditinjau ada yang memang sudah diterima. Alhamdulillah.

Beda Site Review dengan daftar Google adsense Baru

Perbedaan dari mendaftar google Ad sense baru dengan site review adalah pada metode verifikasi saja. Kalau pengajuan account Adsense memang tahapannya lama sekali. Bahkan meski sudah ada iklannya, meski harus melewati tahap verifikasi yang kedua. Sedangkan untuk site review, kita hanya menunggu situs kita diterima saja. Tidak serumit saat mendaftar iklan Adsense baru.


Solusi jika ditolak saat Site Review Blog

Paling tidak saya bisa memberi saran sederhana saja. Patuhi aturan adsense yang sudah ditetapkan. Yakni syarat utamanya disclaimer, TOS dan perangkat lainnya. Kemudian perbaiki konten blog. Usahakan jangan ada artikel kopas. Menulislah seasli mungkin.

Berikutnya gunakan template yang responsive dan ringan. Karena dengan template ringan dan super seo semua akan memudahkan saat site review. Jangan sampai saat status peninjauan situs blog malah berantakan ngak karu-karuan. Saya pernah ngajuin site review lalu ternyata domain itu tidak aktif. Saya lupa kalau domain itu sedang terparkir. Alhasil mendatkan pemberitahuan dari gugel kalau saya harus memberikan perhatian pada domain itu.

Nanti kalau sudah diterima Site reviewnya, barulah mau ganti template sesuka teman-teman bisa. Asalkan proses verifikasi sudah selesai. Selebihnya ya terserah teman-teman. Yang pasti, jadilah blogger yang sabar. Blogger memang butuh investasi waktu dan energi.Kalau tidak bakal terjungkal di pertengan jalan. Jadikan saja blogger adalah bagian dari kesenangan. Dengan begitu, paling tidak kita nge-blog bisa lebih enjoy.


Baiklah kawan-kawan. Saya kira itu saja yang bisa saya bagikan soal site review adsense. Ya semoga saja bermanfaat. Jika ada yang punya pengalaman berbeda, silakan diskusi di komentar aja ya. salam.
Post a Comment

Post a Comment