no fucking license
Bookmark

11 Tips Cara Mengubah Karir dengan Cara yang Benar di 2023

Career switch

Dalam artikel ini akan diulas tentang Tips Career Switch. Semoga bermanfaat.

Gagasan untuk beralih karier bisa menarik dan menegangkan. Di satu sisi, Anda memiliki kemungkinan trek profesional baru yang sepenuhnya memuaskan, yang tidak seperti apa pun yang pernah Anda miliki sebelumnya. Namun di sisi lain, Anda juga menyadari bahwa ada banyak risiko dan hal-hal yang tidak diketahui yang datang dengan membuat perubahan karier.

Jika Anda ragu untuk bergerak, maka yakinlah bahwa apa yang Anda rasakan bukanlah hal yang aneh. Mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan di industri baru dan kemudian melakukan proses mendapatkan pekerjaan di industri tersebut bisa tampak sulit. Tetapi yakinlah bahwa ada cara cerdas untuk membuat perubahan karier, dan itulah yang akan kami uraikan untuk Anda di posting ini.

Apakah Mudah Mengubah Karier?

Saat menangani pertanyaan ini, kami ingin menjadi lebih praktis daripada akurat dalam penilaian kami. Mengubah karier mungkin mudah bagi sebagian orang dan lebih sulit bagi orang lain. Tetapi yang tidak ingin Anda lakukan adalah mulaimelakukan transisi ke karier baru denganmengharapkannya menjadi cakewalk.

Seperti yang akan kita lihat di bagian selanjutnya dari posting ini, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membuat transisi yang mulus ke karir baru. Ini mudah dilakukan tetapi tidak selalu mudah. Anda dapat mengalami hambatan dalam hal-hal seperti mengerjakan proyek sampingan atau melamar pekerjaan. Yang mengatakan, mempercayai proses pada akhirnya akan membantu Anda membuat terobosan di industri yang Anda coba masuki.

Cara Mengetahui Saatnya Mengubah Karier

Ada sesuatu yang perlu kita bicarakan sebelum kita membahas bagaimana Anda dapat mengubah karier. Bagaimana Anda tahu kapan saatnya untuk membuat perubahan itu? Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda harus mempertimbangkan pekerjaan di industri atau domain baru.

Anda Tidak Tertarik dengan Pekerjaan

Merasa tidak tertarik atau tidak bersemangat dengan pekerjaan yang Anda lakukan adalah bukti bahwa keterampilan Anda lebih baik diterapkan di tempat lain. Ini mungkin pekerjaan yang masih sangat Anda kuasai atau pernah bersemangat untuk dilakukan. Tetapi jika Anda tidak merasakan gairah yang sama untuk pekerjaan Anda dan itu karena sifat pekerjaan itu sendiri, maka Anda harus mulai memikirkan karier baru.

Anda Sering Merasa Kelelahan

Merasa kelelahan di tempat kerja tidak terjadi hanya karena bos yang menuntut atau beban kerja yang berat. Anda mungkin memiliki pengalaman itu karenapekerjaan Anda saat ini tidak cukup melibatkanAnda atau keterampilan terkuat Anda. Jika itu sebabnya Anda merasa terbebani di tempat kerja, maka Anda harus mempertimbangkan perubahan karier.

Anda Takut Akan Bekerja

Jika Anda mulai merasakan rasa takut muncul di dalam diri Anda pada hari Minggu malam karena Anda harus bekerja pada hari Senin, maka itu pertanda baik bahwa pekerjaan Anda saat ini bukanlah pekerjaan yang tepat untuk Anda. Percaya atau tidak, pekerjaan harus menyenangkan dan menjadi sesuatu yang Anda nantikan untuk dilakukan. Menetap lebih sedikit dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda dan bagaimana Anda memandang kemampuan Anda sendiri.

Tidak Ada Ruang untuk Kemajuan

Jika Anda tidak sibuk bergerak maju, maka Anda mungkin bergerak mundur. Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan di mana Anda dapat naik pangkat untuk mengambil tugas yang lebih menantang, bekerja dengan orang yang lebih baik, dan menegosiasikan gaji yang lebih tinggi. Dan ketika jalur karier Anda saat ini tidak memungkinkan hal itu, Anda harus mulai bekerja menuju yang baru.

11 Tips Untuk Membuat Perubahan Karir Lebih Mudah

Tentukan Mengapa

Buat Rencana yang Dimulai Dengan Karir yang Anda Inginkan

Lengkapi Keterampilan dan Resume Anda

Pertimbangkan Langkah Lateral di Perusahaan Anda Saat Ini

Uji Air Dengan Proyek Sampingan

Bangun LinkedIn dan Portofolio Anda

Ketuk jaringan Anda sebelum melamar pekerjaan

MintaLah Umpan Balik Selama Wawancara

Pertimbangkan untuk Beristirahat Dari Pekerjaan Anda Saat Ini

Bernegosiasi dengan Keras Bahkan jika Anda Baru mengenal Industri ini

Pelan-pelan

Sekarang kita tahu tanda-tanda yang mengkonfirmasi bahwa perubahan karier sudah beres. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat mewujudkannya dengan cara terbaik.

Tentukan Mengapa

Seperti yang suka dikatakan Simon Sinek, Anda harusmulai dengan 'mengapa' Anda. Itu berarti meluangkan waktu untuk merenungkan alasan Anda beralih ke karier baru.

Apakah Anda bergerak karena Anda menginginkan karier yang lebih memuaskan? Apakah kurangnya mobilitas ke atas dalam pekerjaan Anda saat ini menjadi sumber masalah? Apakah Anda mencari pekerjaan yang tidak akan membuat Anda lelah seperti saat ini? Menjawab beberapa pertanyaan ini dapat membantu Anda menetapkan mengapa Anda melakukan transisi, yang kemudian akan membuat sisa proses lebih mudah.

Buat Rencana yang Dimulai Dengan Karir yang Anda Inginkan

Setelah Anda tahu mengapa Anda bekerja menuju karier baru, Anda dapat mulai mempersempit pilihan Anda dan memilih jalur karier yang sepertinya mencentang semua kotak yang tepat. Karier baru ini akan berfungsi sebagai bintang utara Anda.

Seiring dengan memberi Anda rasa arah, memilih industri atau domain baru Anda pada tahap ini dapat memberi energi. Ini memberi Anda kemampuan untuk membayangkan seperti apa karir baru Anda dan manfaat yang akan Anda peroleh dari melihat transisi ini. Itulah jenis dorongan yang Anda butuhkan pada tahap ini untuk melakukan semua hal lain yang diperlukan untuk mewujudkan perubahan karier.

Lengkapi Keterampilan dan Resume Anda

Karier baru berarti harus mendapatkan keterampilan baru. Bagaimanapun, ini adalah pekerjaan di domain atau industri baru dan Anda mungkin belum memiliki semua keterampilan yang diperlukan untuk diberi tanggung jawab profesional.

Anda tidak perlu kembali ke sekolah dan mendapatkan gelar yang sama sekali baru sehingga Anda dapat mulai bekerja di industri baru. Cara yang jauh lebih mudah dan lebih mudah diakses untuk menambahkan keterampilan baru ke gudang senjata Anda adalah kursus online. Sekarang ada kursus yang dapat Anda selesaikan secara online yang mencakup setiap industri dan portofolio pekerjaan yang dapat Anda pikirkan. Ini sering kali berjalan sendiri dan diajarkan oleh instruktur yang sangat kredibel

Apa yang membuat kasus kursus online lebih kuat adalah kenyataan bahwa lebih banyak perusahaan dan perekrutmulai menganggapnya lebih serius. Jadi Anda tidak hanya mempelajari keterampilan baru tetapi juga mendapatkan kredensial atau sertifikasi yang akan terlihat bagus di resume Anda.

Berbicara tentang resume Anda, inilah saatnya untuk membuat beberapa perubahan padanya. Resume baru Anda harus mencerminkan bahwa Anda sedang mencari pekerjaan di industri baru. Itu berarti mengubah resume Anda untuk menyoroti kelas, kursus, dan sertifikasi yang relevan dengan karir baru yang Anda tuju.

Dalam beberapa kasus, sepertinya pengalaman profesional Anda saat ini sama sekali tidak relevan dengan karier baru Anda. Tetapi Anda mungkin ingin meninjau kembali asumsi itu.

Katakanlah Anda saat ini adalah seorang jurnalis yang melamar ke peran analis data. Keterampilan menulis Anda dapat membantu Anda menulis spesifikasi persyaratan yang lebih baik untuk proyek data. Anda mungkin telah mengerjakan tugas sebelumpengumpulan dan visualisasi data yang diperlukan. Ini mungkin tidak terlihat pada awalnya, tetapi melalui resume Anda dengan hati-hati dapat membantu Anda mengidentifikasi dan menyoroti keterampilan yang dapat ditransfer ke karir baru.

Pertimbangkan Langkah Lateral di Perusahaan Anda Saat Ini

Ada beberapa alasan mengapaperusahaan suka merekrut secara internalketika peran baru terbuka. Alasan yang paling jelas adalah bahwa perusahaan sudah mengenal kandidat internal dengan baik dan tidak perlu melakukan semua pemeriksaan latar belakang tambahan saat melakukan perekrutan baru. Itu berarti bahwa peluang karir baru Anda mungkin tersedia di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.

Untuk dipekerjakan pada pekerjaan baru secara internal, mulailah dengan mengawasi papan pekerjaan perusahaan Anda. Teliti setiap posisi baru yang muncul di industri tempat Anda ingin bekerja. Itu termasuk mengetahui apa kualifikasi untuk pekerjaan baru dan apa tanggung jawab kandidat nantinya.

Selanjutnya, cobalah untuk mengatur pertemuan dengan manajer sumber daya manusia di departemen target Anda. Komunikasikan minat Anda pada peran tersebut dan cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan diri Anda kandidat yang menarik.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah itu, Anda dapat benar-benar melamar pekerjaan. Itu berarti mengisi celah dalam keahlian Anda, memperbarui resume Anda, dan akhirnya, melamar peran tersebut.

Uji Air Dengan Proyek Sampingan

Cara yang baik untuk mempercepat pembelajaran Anda dalam karir baru adalah dengan mengerjakan proyek sampingan.

Katakanlah Anda mencoba masuk kepengembangan web front-end. Setelah Anda mengambil keterampilan yang diperlukan, Anda dapat membuat ide proyek sampingan untuk memamerkan apa yang telah Anda pelajari. Itu mungkin berarti membuat situs web pribadi atau menggunakan Bootstrap untuk membuat halaman arahan untuk suatu produk.

Membuat proyek sampingan dapat menjadi praktik yang berguna dalam banyak hal ketika membuat perubahan karier. Ini membantu Anda memahami seperti apa pekerjaan langsung di industri baru, memberi Anda sesuatu untuk dimasukkan ke dalam portofolio Anda, dan merupakan sesuatu yang dapat dilihat oleh perekrut untuk mengukur keterampilan Anda.

Setelah Anda menyelesaikan proyek Anda, jangan lupa untuk menambahkannya ke resume Anda. Sebutkan tujuan proyek, alat yang Anda gunakan, dan sertakan tangkapan layar jika relevan.

Bangun LinkedIn dan Portofolio Anda

Sebanyak72% perekrutmenggunakan LinkedIn untuk mengidentifikasi kandidat baru atau dokter hewan yang telah melamar peran di perusahaan mereka. Sangat penting bagi Anda untuk mengubah LinkedIn Anda untuk menunjukkan kepada perekrut karier baru yang sedang Anda upayakan.

Mulailah dengan mengedit judul Anda untuk menyampaikan bahwa Anda ingin dipekerjakan di industri baru. Anda mungkin mengatakan sesuatu seperti, "mencari posisi entry-level dalam pemasaran media sosial," misalnya. Perbarui bagian keterampilan Anda untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki potongan di area tersebut. Jadi, jika Anda seorang pemasar media sosial, Anda akan menambahkan keterampilan seperti copywriting, desain grafis, analitik media sosial, dan sebagainya.

Terakhir, perbarui bagian ringkasan Anda. Di sinilah Anda mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan bahwa Anda membuat perubahan karier, mengapa Anda mengambil keputusan itu, dan keterampilan yang Anda peroleh di domain itu.

Anda juga akan memerlukan portofolio untuk mengikuti profil LinkedIn Anda yang dirubah. Portofolio adalah bukti terkuat yang Anda milikitentang keterampilan yang baru dicetak dan kemampuan Anda untuk menyebarkannya dalam proyek dunia nyata. Jika Anda belum memiliki terlalu banyak item portofolio, Anda dapat mulai dengan mengerjakan proyek sampingan atau proyek sumber terbuka dan mencantumkannya di portofolio Anda.

Ketuk jaringan Anda sebelum melamar pekerjaan

78% perekrut mengatakanbahwa rujukan adalah cara terbaik untuk menemukan kandidat berkualitas tinggi. Pelamar yang dirujuk 15 kali lebih mungkin untuk mendapatkan pekerjaan daripada yang lain. Jelas, Anda harus memanfaatkan kekuatan rujukan ketika mencari pekerjaan di industri baru.

Cara termudah untuk dirujuk untuk suatu pekerjaan adalah dengan memanfaatkan jaringan Anda. Mulailah dengan berbicara dengan teman dan kolega yang bekerja di industri tempat Anda mencoba membangun karier. Beri tahu mereka bahwa Anda sedang mencari pekerjaan dan kumpulkan saran apa pun yang Anda bisa untuk mendapatkan pekerjaan.

Anda juga dapat mengetuk jejaring sosial untuk mendapatkan referensi. Katakanlah Anda mengetahui bahwa sebuah perusahaan merekrut untuk peran Anda di LinkedIn. Anda dapat menemukan orang-orang yang bekerja di perusahaan itu di LinkedIn dan melihat apakah Anda memiliki koneksi yang sama dengan mereka. Jika ya, Anda dapat meminta untuk terhubung dan berhubungan dengan manajer yang merekrut di perusahaan target Anda.

MintaLah Umpan Balik Selama Wawancara

Ketika Anda membuat perubahan karir, wawancara adalah kesempatan untuk belajar sebanyak mereka adalah kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Jadi, jadikan mencari umpan balik sebagai bagian dari proses wawancara Anda. Di akhir setiap wawancara, tanyakan kepada manajer perekrutan apa yang Anda lakukan dengan baik dan bidang mana yang dapat Anda tingkatkan.

Umpan balik yang bisa Anda dapatkan dari melakukan itu bisa sangat berharga. Perekrut yang terbuka untuk menghabiskan sedikit waktu ekstra dengan Anda akan memberi tahu Anda apakah Anda berkomunikasi dengan baik, bagaimana Anda dapat meningkatkan resume Anda, dan keterampilan tambahan atau item portofolio apa yang Anda butuhkan untuk menjadi kandidat yang lebih menarik. Mengerjakan umpan balik itu akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan di industri baru jauh lebih cepat daripada jika Anda tidak mendapatkan umpan balik dari perekrut.

Pertimbangkan untuk Beristirahat Dari Pekerjaan Anda Saat Ini

Mencapai keseimbangan antara pekerjaan Anda yang sudah ada dan membangun karier baru Anda bisa jadi sulit. Jika Anda mampu membelinya, istirahatlah dari pekerjaan Anda sehingga Anda dapat fokus untuk mendapatkan keterampilan baru dan membangun portofolio Anda. Ini adalah kemewahan bagi sebagian orang tetapi waktu istirahat dapat membantu Anda membuat langkah besar menuju pekerjaan di industri baru.

Meskipun mungkin merupakan kesempatan yang panjang, Anda dapat memeriksa apakah perusahaan Anda memiliki kebijakan sabbatical yang dapat Anda manfaatkan dalam fase ini. Bahkan beberapa bulan lagi dapat sangat membantu tujuan Anda. Akhirnya, rencanakan bagaimana Anda akan mempresentasikan ide kepada atasan Anda dan pastikan bahwa Anda memiliki perlindungan keuangan yang diperlukan untuk mengambil cuti kerja.

Bernegosiasi dengan Keras Bahkan jika Anda Baru mengenal Industri ini

Bernegosiasi dengan Keras

Setelah Anda memasuki proses wawancara, pastikan Anda tidak menjual diri Anda sendiri. Anda mungkin hijau dan mencari peluang untuk masuk ke suatu bidang, tetapi Anda masih akan membawa nilai bagi perusahaan Anda.

Langkah pertama menuju negosiasi yang sukses adalah meneliti seperti apa gaji di industri Anda di level Anda. Bersiaplah untuk membenarkan pertanyaan Anda dengan berbicara tentang gaji rata-rata di industri, keterampilan yang Anda peroleh, dan sertifikasi atau kursus apa pun yang telah Anda selesaikan.

Yang terpenting, jangan mengubah negosiasi menjadi sesi tawar-menawar. Nyatakan nilai Anda dengan jelas dan tetapkan tolok ukur yang dapat dipertahankan untuk gaji Anda.

Pelan-pelan

Perubahan karier bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan ambisi dan eksekusi yang cermat, sambil harus fokus pada pekerjaan Anda yang ada. Buat proses itu lebih mudah pada diri Anda sendiri dengan memberi diri Anda cukup waktu. Jangan khawatir ketika Anda tidak mendapatkan pekerjaan baru Anda dalam beberapa bulan. Ikuti prosesnya, bangun keterampilan Anda, dan terus menjadi lebih baik dalam wawancara dalam peran baru Anda.

Mitos Perubahan Karir

Ada beberapa kesalahpahaman yang terkait dengan peralihan karier. Berikut adalah yang paling umum dan cara yang tepat untuk memikirkannya.

Saya Terlalu Tua Untuk Mengubah Karier

Tidakadakata terlambat untuk membuat perubahan karier, tidak peduli apa latar belakang Anda dan betapa menakutkannya bidang pekerjaan baru Anda. Jika ada, usia Anda dapat menguntungkan Anda karena Anda telah mengumpulkan lebih banyak pengalaman di dunia profesional daripada rekan-rekan Anda yang lebih muda dan Anda dapat memanfaatkan jaringan yang lebih besar dalam perburuan pekerjaan Anda.

Saya Harus Memulai Dari Awal jika Saya Beralih Karier

Dalam satu hal, ya, Anda memulai dari awal jika Anda beralih karier. Anda mungkin harus mulai dari bagian bawah tiang totem profesional dan dengan gaji yang lebih rendah daripada yang Anda dapatkan sebelumnya.

Tetapi perspektif lain tentang ini adalah bahwa tidak ada pengalaman Anda sebelumnya yang-, bahkan jika Anda bekerja di industri baru. Anda masih dapat memanfaatkan semua yang telah Anda pelajari di sepanjang jalan dan menggunakannya dalam pekerjaan baru Anda. Selain itu, perekrut mungkin menganggap pengalaman Anda yang ada sebagai hal yang berharga dan menempatkan Anda dalam perebutan peran yang lebih baik dari yang Anda harapkan, memungkinkan Anda untuk menegosiasikan gaji yang lebih tinggi

Berikut adalah kisah yang menggembirakan tentang seorang pria berusia 39 tahun yang berubah dari seorang pemasar menjadi programmer dalam hitungan 18 bulan. Semua pembelajaran mereka difokuskan di sekitar platform kursus online seperti The Odin Project dan Free Code Camp, yang merupakan bukti seberapa banyak yang dapat Anda ambil dari jalur pembelajaran online yang teratur.

Kandidat juga menekankan membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat sehingga Anda dapat menyesuaikan resume Anda dan mengoptimalkan profil LinkedIn Anda. Itu adalah hal-hal yang harus dilakukan siapa pun yang membuat perubahan karier hampir secara obsesif. Seluruh pos penuh dengan nugget kebijaksanaan yang tak ternilai. Anda dapatmembacanya di sini.

Rodrigo Castilho berhasil berkarierdua kalidalam rentang waktu 11 bulan dan semuanya selama pandemi. Kisahnya adalah bukti bahwa adalah mungkin untuk membuat perubahan besar pada lintasan karier Anda dalam rentang waktu yang singkat.

Kesimpulan terbesar Castilho dari proses tersebut tampaknya adalah tentang pentingnya jaringan. Dia berbicara tentang bagaimana memukul seseorang di perusahaan tempat Anda melamar dan memberi mereka versi yang lebih pendek dari surat lamaran Anda jauh lebih baik daripada melamar di papan pekerjaan seperti orang lain.

Castilho juga berbicara tentang bagaimana Anda dapat melewati sebagian besar fase wawancara untuk pemrograman teknis atau peran data tanpa benar-benar menulis kode. Triknya, seperti yang dia ungkapkan, adalah berbicara seperti seorang veteran dan menggambarkan pengalaman Anda di lapangan secara rinci. Posting lengkap tersediadi sini.

Post a Comment

Post a Comment